Upgrade RAM Ini Beberapa Hal Yang Diperhatikan

Dipublikasikan oleh Bimasoft pada

Random Acces Mermory yang biasa kita sebut RAM, yang berperan meningkatkan kinerja laptop atau kompoter yang disitu RAM digunakan untuk menyimpan data sementara pada komputer sebelum data disimpan di media penyimpanan. denga upgrade RAM, Semakin besar kapasitas RAM maka semakin baik performa dari laptop atau komputer tersebut.

Dilihat dari pentiingnya RAM dalam komputer maka banyak orang melakukan atau menaikan kapasitas dari RAM laptop atau PC mereka. Tapi untuk upgrade ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, jangan sampai kita salah beli RAM yang tidak sesuai dengan laptop atau PC kita.

upgrade RAM
Tipe RAM

Ketahui terlebih dahulu tipe mempri RAM yang digunakan sebelum di upgrade, SODIMM (Small Outline Dual Inlane Memory Module) yaitu RAM yang biasa di pakai di laptop, lalu ada Dual Inlane Memory Module yang biasa digunakan di PC.

Sesuaikan dengan kebutuhan

Hal yang tidak kalah penting yaitu pertimbangkan kebutuhan apa yang akan anda tunjang di aktifitas anda. Misal anda menginginkan untuk editing video, RAM minimal yang dibutuhkan 8GB untuk performa editing yang baik.

Minimal lag yang sering anda dapatkan ketika editing video berkurang. Namun apabila aktifitas anda tidak terlalu berat seperti hanya mengoperasikan microsoft ofice mungkin dengan ram 4GB saja sudah sangat cukup.

Perhatikan frekuensi RAM

ketika akan upgrade RAM perhatikan frekuensi yang ada pada RAM. Misal RAM bawaan bertipe DDR3 PC3-10700 (667MHz), RAM yang diupgrade harus sama atau identik. Sebab jika tidak cocok, RAM baru tersebut akan mengikuti RAM bawaan laptop.

Batasan maksimum memory

Hal penting lain sebelum upgrade RAM adalah batasan memory dari motherboard yang di pakai, biasannya tercantum batasan yang digunakan.

Jika motherboard kamu hanya mendukung sampai 8 GB, sedangkan kamu akan meng-upgrade sampai 16 GB, maka hal tersebut akan sia-sia karena motherboard akan dapat membaca 8 GB.

Kecepatan RAM

Sebelum upgrade RAM yang perlu kita ketahui berikutnya adalah kecepatan RAM yang akan di beli sama dengan RAM sebelumnya, misal kamu sudah menggunakan RAM dengan kecepatan 1333 Mhz maka kamu harus membeli RAM dengan kecepatan yang sama dengan yang sudah kamu punya.

Jenis slot

Jenis slot pada RAM dan Motherboard juga perlu diperhatikan. Perhatikan apakah motherboard dan RAM mendukung untuk dual channel atau hanya mendukung single channel.

info menarik lainnya klik disini


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.