Setelah 26 tahun hadir dan melayani pelanggan di Indonesia, salah satu operator seluler terbesar Telkomsel akhirnya mengubah logo perusahaannya untuk pertama kalinya. ungkap Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, logo baru ini menandai babak baru Telkomsel dalam melayani bangsa dan seluruh masyarakat Indonesia.

logo baru telkomsel

Dikutip dalam peluncurannya, Hendri mengatakan: “Hari ini kami memperkenalkan semangat yang dibarengi dengan pembaharuan identitas Telkomsel yang baru. Yang akan memperkuat kehadiran Telkomsel sebagai simbol perubahan bagi kemajuan bangsa,” ungkap Hendri dalam acara online, Jumat (18/6/2021). Hendri juga mengatakan, perubahan logo ini bukan hanya sebatas perombakan wajah Telkomsel saja. “Namun menjadi cara kami membawa simbol perubahan dengan memaknai transformasi digital yang lebih dalam, melalui nilai-nilai baru,” ucap Hendri.

Apa Maknanya?

logo baru telkomsel

Sementara itu Director of Marketing Telkomsel yaitu Rachel Goh menjelaskan, logo baru Telkomsel ini dipersiapkan dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Dan secara umum terinspirasi dari salah satu warisan budaya Indonesia, yaitu Batik.

Menurutnya, setiap lekukan dan titik pada batik itu mewakili sesuatu. Inilah yang membuat batik unik, dan menjadi ikon nasional Indonesia hingga saat ini. “Karena itulah, kami ingin memastikan warisan ini menjadi bagian dari merek Telkomsel yang baru. Itu akan mengingatkan kita setiap saat, siapa yang kita perjuangkan, dan siapa diri kita sebenarnya,” jelas Rachel Goh di acara yang sama.

Font Baru

Kata Rachel, logo baru Telkomsel ini menggunakan jenis font baru, yang diberi nama Telkomsel Batik. Font ini dibuat khusus oleh anak bangsa, yaitu Deni Anggara dari Degarism Studio Bandung. Selain itu, Telkomsel turut menyematkan sebuah “portal” dengan guratan yang juga terinspirasi dari batik. Portal ini memiliki makna, bersama Telkomsel, pelanggan bisa memasuki dunia baru dan mengeksplor hal-hal baru. “Portal itu juga terlihat dikelilingi oleh sinar, sinar itu adalah optimisme,” papar Rachel.

Penulisan dan Warna Baru

Selain mengubah tipografi logo, Telkomsel juga mengubah cara penulisan mereknya, yang semula menggunakan huruf kapital, kini huruf kapital hanya digunakan pada awal merek saja. Sedangkan sisanya ditulis dalam huruf kecil.

“Perubahan cara penulisan ini merepresentasikan bahwa kami menundukkan diri kami agar lebih dekat, lebih bersahabat, dan lebih dapat disambut oleh pelanggan kami,” kata Rachel. Dari segi warna, Telkomsel masih mengusung warna merah dan putih sebagai warna dasar pada logo baru. Rachel mengatakan, dua warna ini mewakili keberanian, kekuatan, kemurnian, dan kejujuran. Aksen warna kuning juga disematkan pada logo baru Telkomsel yang disebut melambangkan optimisme dan rasa senang. Rachel juga mengatakan, perusahaan akan membawa tone warna-warna baru termasuk biru tua yang melambangkan integritas dan kepercayaan.

logo baru telkomsel

Logo Baru, Lagu Tema Baru

Logo baru dan tone warna baru ini ke depannya akan mulai dilihat pelanggan dalam materi branding perusahaan, baik di aplikasi, billboard, website, dan sebagainya. Selain mengenalkan logo baru, dalam acara yang sama,Telkomsel juga mengenalkan lagu tema baru perusahaan

Sumber

Lihat Berita Lainnya >>